Rumah Mursyida Muchtar (BPR NURUL BAROKAH)

0 30

Rumah Mursyida Muchtar (BPR NURUL BAROKAH)

Pembangunan bangunan ini tidak diketahui dengan pasti, namun diperkirakan sekitar tahun 1930-an. Hal ini terlihat dari bentuk arsitektur dan struktur bangunan yang berdinding tebal. Pengunaan bangunan ini pada awalnya merupakan tempat tinggal. Selain sebagai tempat tinggal juga pernah dijadikan sebagai kantor IKAPI dan kantor Bank Nagari. Saat ini dipergunakan sebagai kantor Bank BPR Nurul Barokah yang dipakai sejak tahun 2008.

Bangunan ini memiliki ukuran 9 x 14 meter. Atap bangunan berbentuk limasan dengan atap genteng, atap bagian belakang sudah diganti dengan menggunakan seng. Bagian depan sudah mengalami perubahan yaitu jendela bagian beranda diganti menggunakan jendela dengan kerangka terbuat dari aluminium. Bagian yang masih dipertahankan pada bagian depan yaitu bukaan pada ruang di sisi selatan dari bangunan yaitu berupa jendela dengan daun jendela tersusun oleh jalusi dan panil pada bagian bawahnya. Unsur lain dari bangunan yang masih dipertahankan dapat dilihat pada bagian lantai, lantai terbuat dari ubin bergaris dengan dua buah warna yaitu merah dan hitam.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kota-Pariaman.pdf
Comments
Loading...