Rumah Milik Sie Kong Liong

0 23

Rumah Milik Sie Kong Liong

Gedung sederhana itu beratap pelana, dindingnya bercat putih, kusen dan kesepuluh tiang kecil penyangga kanopi bercat hijau. Delapan puluh sembilan tahun lalu, gedung yang menghadap ke timur ini menjadi saksi peristiwa yang sangat penting bagi lahirnya Indonesia. Para pemuda dari berbagai suku bangsa berikrar untuk mengakui tanah Indonesia, bangsa Indonesia, dan bahasa Indonesia. Tidak hanya itu, lagu kebangsaan Indonesia pun dikenalkan di gedung ini. Melalui biola pemberian kakaknya, W.R. Supratman mempersembahkannya kepada pemuda, kepada Indonesia.

Tiga tahun sebelumya, gedung ini menjadi tempat tinggal pelajar yang tergabung dalam Jong Java. Kegiatan kepanduan, diskusi politik dan latihan kesenian Jawa dilakukan di gedung ini. Hingga akhirnya gedung ini dijuluki Langen Siswo. Sementara pelajar lain menjulukinya “dame du palais”

Rumah milik Sie Kong Liong seluas 460 meter persegi itu penuh dengan lembar-lembar sejarah. Di gedung ini karya sastra Muhammad Yamin dan Aboe Hanifah lahir. Di tempat ini pula, Amir Sjarifudin, pimpinan redaksi majalah Pujangga Baru, pernah tinggal.

Setahun kemudian, tempatnya pada September 1926, gedung ini menjadi pusat kegiatan Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI). Dalam salah satu diskusi, Sukarno hadir dan mengatakan “sudahlah, tidak perlu banyak teori.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/ditpcbm/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/ditpcbm/mengenang-belajar-dan-menghargai-sumpah-pemuda-di-rumah-sie-kong-liong/
Comments
Loading...