Rumah Menteri Kerajaan Indragiri

0 13

Rumah Menteri Kerajaan Indragiri

Rumah ini merupakan rumah salah satu menteri Kerajaan Indragiri, yaitu Menteri Kelautan, yang bergelar Tengku Togok. Togok adalah sejenis keramba besar yang dutempatkan di laut. Rumah ini sebagian besar komponen bangunannya dari kayu, terutama bagian dinding, tiang, lantai atas, plafon, dan tulangtulang bangunan. Lantai bawah berupa lantai semen. Bagian atap berupa atap seng. Bagian dinding seluruhnya dicat dengan warna kuning. Bangunan ini terletak di tengah-tengah halaman. Sekeliling halaman diberi pagar tembok bata. Pada bagian depan terdapat anjungan yang menjorok ke muka dengan ukuran panjang 9 m dan lebar 4,6 m.

Bagian lantai bawah mempunyai 4 pintu yang terdiri dari pintu utama di bagian tengah, pintu samping di kanan-kiri pintu utama, dan pintu belakang yang berada di bagian tengah-tengah dinding belakang. Jendela yang ada di lantai bawah terdiri dari delapan buah yang terletak di samping kiri dan kanan masing-masing empat buah. Untuk menuju lantai atas terdapat tangga yang terletak di samping kiri bagian anjungan. Tangga ini berupa tangga yang terbuat dari tembok batu bata. Pintu yang terdapat di lantai atas hanya satu buah dan jendela berjumlah dua belas buah. Pada bagian beranda depan lantai atas dan bagian anjungan lantai atas diberi pagar jeruji dari kayu setinggi 1 meter.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Indragiri-Hulu-BPCB.pdf
Comments
Loading...