Rumah Luitenant Lie Beng Hok Bogor

0 21

Rumah Luitenant Lie Beng Hok

Rumah ini terletak di ujung Jalan Klenteng (Klentengweg) Kelurahan Babakan Pasar, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat. Lokasi rumah berada di sebelah timur Plaza Bogor, yang dulunya merupakan Pasar Bogor.

Menurut sejarahnya, rumah Luitenant China ini adalah milik Luitenant (Letnan) Lie Beng Hok yang menjabat dari tahun 1912-1913 semasa Kapiten Tan Tjoen Tjiang. Letnan yang dimaksud di sini bukan menunjuk jabatan letnan dalam kepangkatan militer atau kepolisian meski memang menjiplaknya dari situ, akan tetapi menunjuk kepada jabatan yang diberikan kepada orang Tionghoa yang memiliki kedudukan di tengah etnis Tionghoa untuk memimpin sekumpulan etnis tersebut. Jabatan ini yang memberikan adalah Pemerintah Hindia Belanda. Karena pada zaman itu, semua etnis yang tinggal di Hindia Belanda dilakukan cluster agar supaya Pemerintah Hindia Belanda mudah mengontrolnya.

Rumah besar warna putih itu masih berdiri sesuai dengan bentuk aslinya, megah dan kokoh. Namun, tampaknya rumah itu tidak dihuni oleh keturunan keluarga Lie lagi. Sebagai rumah kuno yang memiliki memori historis, bangunan ini hendaknya dirawat dan dilindungi sehingga kelestarian dari bangunan ini akan bisa disaksikan oleh generasi berikutnya sepanjang masa.

Source http://kekunaan.blogspot.com http://kekunaan.blogspot.com/2014/06/rumah-luitenant-lie-beng-hok.html
Comments
Loading...