Rumah Lontiok Bangkinang Riau

0 283

Rumah Lontiok

Rumah Lontiok sendiri berasal dari bahasa daerah kampar timur, yaitu kalau diartikan kedalam bahasa indonesia adalah rumah lengkung / bengkok. Lontiok memiliki bentuk melengkung ke atas yang memiliki simbol untuk menghormati Tuhan / Allah. Rumah Lontiok memiliki keunikan bentuk, serta memiliki nilai-nilai simbolik yang terkandung pada rumah tradisional Lontiok. Pengolahan material, pilihan bentuk, penggunaan ragam hias dan maknanya diduga berhubungan erat dengan nilai adat serta nilai sosial masyarakat Kampar.

Rumah Lontiok (uma lontiok) adalah salah satu Rumah Adat Daerah Riau, Indonesia yang terdapat di Kabupaten Kampar. Rumah Lontiok yang dapat juga disebut Rumah Lancang, dan Rumah Pencalang karena rumah ini bentuk atapnya melengkung keatas, agak runcing. Sedangkan dindingnya miring keluar dengan hiasan kaki dinding mirip perahu atau lancang.

Hal itu melambangkan penghormatan kepada Tuhan dan-sesama. Rumah Adat Lontiok biasanya mempunyai anak tangga rumah hitungan ganjil. Bentuk dinding Rumah yang miring keluar seperti miringnya dinding perahu layar mereka, dan jika dilihat dari jauh bentuk Rumah tersebut seperti Rumah-Rumah perahu (magon) yang biasa dibuat penduduk. Sedangkan nama Lontiok dipakai karena bentuk perabung (bubungan) atapnya melentik ke atas.

Fungsi Rumah Lontiok

Rumah lontiok sendiri biasanya dipergunakan masyarakat untuk berkumpul atau bermusyawarah besar dengan melibatkan ninik mamak tokoh pemuda kampung Pulau Belimbing ini sendiri. Tempat ini juga merupakan sebuah warisan budaya, cagar wisata yang sangat berpotensi dalam mendatangkan wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Rumah Lontiok merupakan Rumah panggung. Tipe konstruksi panggung dipilih untuk menghindari bahaya serangan binatang buas dan terjangan banjir. Di samping itu, ada kebiasaan masyarakat untuk menggunakan kolong rumah sebagai kandang ternak, wadah penyimpanan perahu, tempat bertukang, tempat anak-anak bermain, dan gudang kayu, sebagai persiapan menyambut bulan puasa.

Source Rumah Lontiok Bangkinang Riau Riau
Comments
Loading...