Rumah Linggarjati Kuningan

0 11

Rumah Linggarjati

Terletak di kawasan Linggarjati, bangunan tua ini berada di kaki Gunung Ciremai, Kuningan, Jawa Barat yang sejuk. Rumah kental dengan arsitektur tropis Hindia Belanda ini memang khas dengan jendela besar dan ventilasi hampir di segala penjuru rumah.

Pada tanggal 10-15 November 1946, rumah peristirahatan ini sempat menjadi saksi penting berlangsungnya Perundingan Linggarjati yang dihadiri oleh delegasi dari tiga negara yaitu Inggris, Belanda, dan Indonesia. Di dalamnya hingga kini masih tersimpan beberapa atribut seperti piano klasik dan jam tower besar bermerek bermerek Junghans. Sebelumnya pada tahun 1935 rumah besar ini sempat menjadi hotel bernama Rustoord. Semasa pendudukan Jepang berganti nama menjadi Hotel Hokay Ryokan dan kemudian di masa awal kemerdekaan menjadi Hotel Merdeka.

Uniknya pada dekade tahun 70-an bangunan penuh nilai sejarah ini sempat menjadi sekolah SD Negeri Linggarjati sebelum resmi menjadi Museum Linggarjati. Terbagi dalam beberapa bangunan termasuk sebuah paviliun di samping, ruangan utamanya memiliki 6 kamar dengan luas 5 x 6 meter.

Source https://dhottest.wordpress.com https://dhottest.wordpress.com/2011/09/29/8-rumah-bersejarah-di-indonesia/
Comments
Loading...