Rumah Limas Potong Batu Besar Kecamatan Nongsa Batam

0 32

Rumah Limas Potong

Rumah Limas Potong yang satu ini merupakan salah satu rumah tradisional khas Melayu klasik yang mempunyai bentuk seperti panggung yang digunakan untuk pondasinya. Dinding pada Rumah Limas Potong dibuat dari bahan papan kayu dengan warna kecoklatan, yang juga merupakan salah satu warna ciri khas masyarakat Melayu Riau.

Menurut informasinya, Rumah khas Melayu ini diberikan nama dengan Limas Potong karena memanglah pada bentuk bagian bangunannya seperti bentuk bangun Limas yang sudah terpotong. Jika kamu menelusuri ke area dalam rumah Rumah Limas Potong ini, maka pada bagian tengahnya Rumah Limas Potong ini kamu bisa menemukan satu pasang patung yang berada pada setiap sisi pada bagian depannya juga terdapat satu buah tempat tidur.

Limas Potong mempunyai tinggi hanya sekitar 1,5 meter jika dari bagian atas permukaan tanahnya. Pada dinding rumah ini tdibuat dari beberapa susunan-susunan papan yang berwarna coklan, sementara itu bagian atap Rumah Limas Potong berupa seng-seng yang warna merah. Kusen pada pintu, jendela, serta juga pilar-pilar anjungan bagian depan rumah ini dicat dengan menggunakan cat minyak dengan warna putih.

Lebih tepatnya letak Rumah Limas Potong ada pada RT 01/ RW 08 di Kampung Melayu Kecamatan Nongsa Kota Batam. Sangatlah mudah untuk bisa menggapai ke tempat ini, sebab hanya sekitar beberapa ratus meter saja jika dari Jalan utama atau arteri Batu Besar. Patokan jika ke tempat ini ialah keberadaan sebuah musala yang bernama Mushala Al Ikhlas. Bila kamu ke tempat ini dan juga sudah menemukan sebuah musala , maka kamu sudahlah sangat dekat ke lokasi yang kamu tuju, karena lokasi Rumah Limas Potong ini tepat berada pada bagian belakang musala ini.

Source https://hello-pet.com https://hello-pet.com/wisata-sejarah-kota-batam-2044466
Comments
Loading...