Rumah Limas 100 Tiang Sumatera Selatan

0 122

Lokasi Rumah Limas 100 Tiang

Rumah Limas 100 Tiang terletak di Tlk., Muara Telang, Tlk. Gelam, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan 30671.

Rumah Limas 100 Tiang

Rumah limas ini, memiliki daya tarik wisata yang dirancang oleh arsitektur tradisional yang dinilai cukup unik dengan memiliki pondasi dan penyangga sejumlah 100 tiang dan memiliki nilai sejarah. Interior, ukiran rumah seratus tiang terlihat khas China dan Arab dibangun di Sugih Waras yang ada di area rumah panggung membuat gaya tarik tersendiri berwarna emas, kuning ke kuningan. Rumah Limas Seratus Tiang didirikan pada tahun 1811 oleh Pangeran Redjed Wiralaksana yang berasal dari Suku Rambang yang merantau ke daerah Komering untuk meminangkan puteranya kepada seorang puteri dari Suku Kayuagung.

Menurut cerita Kadis Pariwisata H Amirudin Msi melalui Kabid Kebudayaan Nila Maryati, Pangeran Ismail selaku orang tua dari puteri yang dipinang meminta agar anaknya dibangunkan sebuah rumah besar bertiang seratus yang terbuat dari kayu unglen dan kayu serumpun yang diukir dalam bentuk ukiran 3 dimensi dan lukisan. Oleh Pangeran Rejed dibuatlah rumah tersebut dengan menggunakan jasa arsitek yang berasal dari Cina dan Arab sehingga rumah tersebut kaya akan hiasan yang bermotif Arab, Timur Tengah, dan juga Melayu.

Rumah tersebut kini dihuni oleh generasi ke-4 dari pemiliknya yakni, Sabariah (45) sebelumnya dihuni oleh Almarhum Pangeran Rejed Wiralaksana, Almarhum Depati Malian, Almarhum Depati M Ali Besar, dan Nyonya Sabariah bersama suaminya Edy Johan sekarang ini.

Penghuni rumah tersebut merupakan turunan ke-empat dari Pangeran Rejed. Konon rnamen rumah menurut pengakuan Edi Johan penghuni rumah, belum ada yang berubah kecuali genteng bagaian atas yang diganti karena bocor maupun patah. Renovasi dilakukan diupayakan tidak mengubah keaslian bentuk semula rumah seratus tiang ini.

Source Rumah Limas 100 Tiang Sumatera Selatan sumatera selatan
Comments
Loading...