Rumah Landraad Siak

0 9

Rumah Landraad Siak

Bangunan Landraad ini dahulunya berfungsi sebagai kantor bagi pemerintahan kolonial Belanda. Di kantor inilah para pejabat-pejabat Belanda menjalankan roda pemerintahan, khususnya untuk daerah Siak dan sekitarnya. Riwayat pembangunan gedung ini tidak diketahui dengan pasti, tetapi pembangunannnya jelas sezaman dengan masa masuknya pengaruh (hegemoni) Belanda di Kesultanan Siak, yaitu pada abad ke-19. Gaya bangunan ini menunjukkan arsitektur Belanda.

Dindingnya berupa bata lepa dengan ketebalan 20 cm. Bagian muka berupa dinding papan dan kaca. Atapnya berupa genteng. Lantainya berupa lantai tegel Belanda, berukuran 20 x 20 cm. Berdasarkan warna dan motifnya terdapat 4 macam tegel, yaitu tegel dasar putih dengan motif warna abu-abu hitam, motif kuncup bunga dan rangkaian bulatan, abu-abu muda polos, dan kuning gading polos. Bangunan depan terdiri dari lima ruangan yaitu ruang tengah, ruang depan samping kiri-kanan, dan ruang belakang samping kiri-kanan. Antara ruang belakang samping kirikanan terdapat lorong untuk menuju ke bangunan belakang yang merupakan bangunan dapur berukuran 6,7 x 6,2.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Siak-BPCB.pdf
Comments
Loading...