situsbudaya.id

Rumah Kereta Jenasah Salatiga

0 75

Rumah Kereta Jenasah

Sebagai sebuah kota modern pada masa kolonial, Kota Salatiga mempunyai fasilitas berupa bangunan rumah sakit. Rumah sakit yang ada pada masa itu tentunya mempunyai beberapa fasilitas yang berbeda dengan rumah sakit pada masa sekarang. Salah satu fasilitas yang ada pada rumah sakit pada masa itu yang menarik adalah rumah kereta jenasah.

Bangunan ini dulunya merupakan bagian dari rumah sakit. Jika diamati bangunan yang beralamat di Jalan Muwardi Salatiga sangat jelas menunjukkan ciri arsitektur kolonial. Sampai sekarang bangunan rumah kereta jenasah yang dibangun pada awal abad XX  masih ada dan terawat.

Bangunan rumah kereta jenasah dapat memnggambarkan fasilitas rumah sakit pada masa kolonial. Bangunan ini juga merupakan bukti fisik fasilitas pemukiman militer Belanda sebagai bagian dari rumah sakit. Bangunan ini harus tetap ada sehingga harus dirawat untuk menggambarkan identitas Kota Salatiga.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjateng/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjateng/rumah-kereta-jenasah-contoh-fasilitas-rumah-sakit-jaman-kolonial/
Comments
Loading...