situsbudaya.id

Rumah Kapiten Cina Lim Po Chong Bangka Belitung

0 35

Lokasi Rumah Kapiten Cina Lim Po Chong

Rumah Kapiten Cina Lim Po Chong terletak di Jalan Teluk Rubiyah, Kelurahan Tanjung, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat. 

Rumah Kapiten Cina Lim Po Chong

Bangunan ini dibangun oleh Kapiten Cina yang pertama bernama Lim A Pat. Pada masa penjajahan Jepang sekitar tahun 1942-1945 pernah dibom sehingga mengalami kerusakan yang cukup parah.

Rumah Kapiten Cina terbuat dari tembok bata dengan atap genteng berbentuk limasan. Bangunan ini mempunyai 2 buah pintu masuk berdaun ganda yang berada di sisi selatan (pintu utama) dan utara yang diapit oleh 2 buah jendela jalusi berdaun ganda. Sementara sisi barat dan timur masing-masing dilengkapi dengan 4 buah jendela jalusi berdaun ganda. Lantainya dilapisi tegel berwarna abu-abu kehitaman yang berukuran 40 x 40 cm.

Serambinya memiliki 7 buah undakan anak tangga dan ditopang oleh 4 buah tiang bulat. Kini serambi tersebut telah ditutup dinding dan disekat menjadi ruangan-ruangan.

Pada bagian depan rumah dengan jarak 5 meter terdapat 2 buah arca singa berdiri di atas sebuah landasan berbentuk segi empat yang berfungsi sebagai arca penjaga rumah. Bangunan ini memiliki luas 35,30 x 21,80 m, diatas lahan seluas 64,20 x 30,30 m. Berdasarkan keletakan astronomis berada pada titik 02º 04 05.6 LS, 105º 09 48.3 BT.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjambi/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjambi/2017/11/20/rumah-kapiten-cina-lim-po-chong/
Comments
Loading...