Rumah Kapiten China Madiun

0 402

Lokasi Rumah Kapiten China Madiun

Terletak di Jalan Kolonel Marhadi, Kelurahan Nambangan Lor, Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun, Provinsi Jawa Timur.

Rumah Kapiten China Madiun

Rumah Kapiten China ini masih tampak berdiri megah. Meski secara fisik masih terbilang bagus, namun rumah bergaya Eropa tersebut terkesan kurang terawat. Banyak semak belukar tumbuh subur di halaman depan tersebut.

Dulu, rumah kapten china ini adalah rumah milik orang Belanda yang bermukim di Madiun. Lalu ketika Hidia Belanda mengalami kesulitan keuangan akibat perang di sejumlah daerah yang berkepanjangan, banyak aset negara maupun peorangan dijual atau disewakan. Proses penjualan aset ini yang kelak disebut dengan pacht, dijual pada orang-orang Tionghoa yang relatif memiliki ekonomi yang lumayan mapan ketimbang orang pribumi sendiri. Terutama kepada para Opsir China (biasa orang Belanda menyebutnya). Termasuk salah satunya adalah rumah yang kini.

Setelah dibeli oleh Opsir China, rumah tersebut dikenal sebagai rumah Kapiten China karena kebetulan yang tinggal lama di rumah itu adalah seorang Kapiten China. Kapiten bukanlah pangkat dalam kemiliteran, akan tetapi jabatan yang diberikan oleh pemerintah Hindia Belanda pada waktu itu untuk mengawasi semua kegiatan apapun yang ada di Pecinan yang merupakan wilayah kekuasaannya.

Kala itu, di kota-kota di Hindia Belanda, VOC sudah lazim mengangkat orang-orang Tionghoa yang berpengaruh dan memiliki leadership yang kuat serta kaya sebagai pemimpin golongannya. Orang-orang Tionghoa papan atas diberi pangkat Mayor, Kapiten, Letnan, tetapi mereka sama sekali bukan tentara. Itu hanya semacam pangkat atau gelar kehormatan saja. Di mata orang Belanda, mereka disebut juga sebagai Opsir China.

Tugas utama para Opsir China itu jelas sebagai coordinator golongannya. Sedangkan di sisi lain, sebagai penguasa negeri ini. Kompeni sangat membatasi gerak-gerik orang-orang Tionghoa. Mereka dipaksa tinggal di kampung-kampung China. Dari sinilah kemudian munculnya cikal bakal Pecinan, yang artinya tempat tinggal orang-orang Tionghoa.

Source Rumah Kapiten China Madiun Madiun
Comments
Loading...