Rumah Kapitan Riau

0 113

Lokasi Rumah Kapitan

Rumah Kapitan terletak di kota Bagansiapiapi, Rokan Hilir, Riau. 

Rumah Kapitan

Rumah Kapitan memiliki empat bilik kamar. Dua berada di ruang depan, sementara dua lagi berada di ruang belakang. Dinding yang menyekat kedua ruangan ini memiliki dua buah pintu. Di atas masing-masing pintu itulah terpajang dua bingkai foto.

Rumah Kapitan merupakan salah satu bukti keberadaan kapitan Tionghoa yang menjadi pemimpin lokal untuk orang-orang Tionghoa.

Rumah ini sudah berdiri pada akhir abad ke-18. Pada saat industri perikanan menjadi sumber pendapatan daerah ini, Kapitan Tionghoa di Bagansiapiapi diberikan hak oleh Belanda untuk melakukan kontrol perdagangan. Kontrol perdagangan ini berkembang menjadi monopoli dalam bisnis.

Dalam catatan Belanda, pada tahun 1908, mantan Kapitan Bengkalis Oey I Tam memiliki hak monopoli garam di Kota Bagan, bersama Tjong A Fie, kapitan Tinghoa di Medan.

Mereka memonopoli masuknya garam dari Singapura bahkan Mesir ke kota Bagan. Belanda mencatat, pendapatan bersih Oey memonopoli garam pada tahun 1908 sebesar 112,000 Gulden.

Source http://www.tripriau.com/ http://www.tripriau.com/2262/rumah-kapitan-daya-tarik-wisata-heritage-di-bagansiapiapi.html
Comments
Loading...