Rumah Kapitan Arsad Bontang Kalimantan Timur

0 86

Rumah Kapitan Arsad

Rumah Kapitan Arsad secara administrasi berada di Kelurahan Benteng Kuala, Kecamatan Bontang Utara, Kota Bontang, Kalimantan Timur.

Aksesibilitas untuk bisa sampai ke rumah Kapitan, dapat melalui jalan darat dengan jarak + 10 Km dan waktu tempuh 15 – 30 menit dari pusat kota Bontang. Rumah Kapitan yang saat ini difungsikan sebagai rumah tinggal yang ditempati oleh keluarga ibu Bapak Ilham berada dilahan seluas 5,25 m dengan panjang bangunan 10,47 m, lebar 4,98 m dan tinggi 3, 10 m. Bangunan berkonstruksi kayu dalam kondisi masih terawat, dengan status pemilikan warisan yang saat ini kelola oleh Ibu Kalsum.

Rumah Kapitan merupakan rumah yang dimiliki oleh Kapitan Arsad. Gelar kapitan merupakan gelar yang diberikan oleh Kesultanan Kutai Kartanegara sebagai kepala kampung di Bontang Kuala. Pada tahun 1982 rumah telah mengalami pemugaran pada bagian atapnya, dikarenakan telah rusak.

Rumah tersebut telah mengalami pemugaran pada bagian atapnya, dikarenakan telah rusak. Rumah kapitan berbentuk panggung yang terbuat dari kayu ulin. Memiliki denah persegi panjang dengan memiliki sekat untuk membedakan fungsi ruangan. Pada bagian depan terdapat teras yang berukuran 2,4 m x 4,9 m dengan pagar pada bagian terluarnya. Pada bagian dalam rumah terdapat sekat yang digunakan untuk ruang tamu, ruang tidur dan dapur.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbkaltim/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbkaltim/rumah-kapitan-arsad-bontang-kalimantan-timur-2/
Comments
Loading...