Rumah Joglo Milik Sumarjo Yogyakarta

0 128

Lokasi Rumah Joglo Milik Sumarjo

Rumah Joglo Milik Sumarjo terletak di Dusun Pringombo A, Desa Pringombo, Kecamatan Rongkop, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta pada titik koordinat 49L X: 0472737 dan Y: 9104856 dan ketinggian 330 meter di atas permukaan laut.

Rumah Joglo Milik Sumarjo

Menurut informasi dari Bapak Sumarjo, rumah tersebut dulunya didirikan oleh kakek buyutnya yang pernah menjadi Lurah Pringombo, yaitu Bapak Kromoharjo. Batas-batas rumah tradisional ini adalah sebagai berikut: sebelah utara dan barat adalah jalan dusun, sedangkan sebelah selatan dan timur adalah rumah penduduk.

Rumah tradisional ini sedang direnovasi ketika kegiatan her-inventarisasi ini dilakukan. Joglo ini tersambung dengan sebuah rumah limasan di sebelah utaranya. Arah hadap rumah adalah selatan. Ukuran luas Joglo adalah 12 x 10 meter, dengan tinggi 7,20 meter. Sementara limasannya memiliki ukuran luas 8,9 x 20 meter. Genting atap Joglo telah diganti dengan genting yang baru. Dinding masih menggunakan gebyok lama yang diperbaharui dengan mengetam/menyerut permukaan kayu.

Lantainya belum selesai dibangun, masih lantai tanah dengan kerikil-krikil batu putih. Lantai ini rencananya akan menggunakan lantai keramik.  Soko guru ditopang oleh sebuah balandar dan atap tumpang sari susun tiga, dengan umpak berbahan batu putih. Salah satu keistimewaan dari Joglo ini adalah penggunaan satu kayu utuh sepanjang 9,75 meter untuk balok kayu balandar sebelah utara rumah.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbyogyakarta/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbyogyakarta/rumah-joglo-milik-sumarjo/
Comments
Loading...