Rumah Joglo Milik RB Sutrisno Yogyakarta

0 24

Rumah Joglo Milik RB Sutrisno

Bangunan joglo ini menurut sumber setempat dibangun sekitar tahun 1819 dan telah mengalami beberapa perbaikan atau penambahan yang tidak terlalu besar. RB Sutrisno merupakan cucu dari Demang Wongso Inggeno.

Joglo milik RB Sutrisno terletak di Dusun Cangkring, Kelurahan Mulyodadi, Kecamatan Bambanglipuro, Kabupaten Bantul, DIY. Rumah Jawa kuno itu menghadap ke selatan. Pada halaman depan masih terdapat tanaman-tanaman lama yang lazim ditaman di seputaran kompleks rumah joglo, misalnya jambu dersana, pacar cina.

Komponen dari kompleks joglo ini masih relatif lengkap. Sisi depan joglo masih terdapat kuncungan, yang dulu digunakan untuk pemberhentian andong/dokar. Namun kini kuncungan tersebut seperti berdiri sendiri karena lantainya sudah ditinggikan dan bentuknya seperti rumah mungil. Ketinggian lantai dari kuncungan ini sekitar 20-30 cm.. Ukuran kuncungan ini sekitar 2 m x 2,5 m.

Kuncungan ini berbentuk kampung. Pada sisi kiri kuncungan dulu terdapat gedhogan atau kandang kuda dan andong (delman). Namun kini gedhogan tersebut telah difungsikan sebagai garasi. Bangunan gedhogan menyambung ke belakang dengan gandhok kiwa.

Selain kuncungan, joglo RB Sutrisno juga dilengkapi unsur lain seperti gandhok kiwa dan gandhok tengen. Ada pula pintu seketheng di kanan dan kiri. Sementara sumur ngarep memang tidak ada. Sedangkan rumah induk atau ndalem dari joglo ini juga masih ada dan difungsikan dengan baik. Gandhok kiwa dan tengen masih utuh meskipun peruntukannya sudah berubah. Pawon atau dapur joglo ini mengalami kerusakan akibat gempa.

Joglo RB Sutrisno dulu merupakan rumah milik Demang Wongso Inggeno, yang membawahi wilayah Kademangan Cangkring di tahun 1946. Kademangan Cangkring pada masa itu membawahi beberapa wilayah yang sekarang menjadi dusun atau padukuhan di wilayah Kelurahan Mulyodadi, Bambanglipuro, Bantul. Dusun atau padukuhan tersebut di antaranya adalah Grogol, Tulasan, dan Sribit.

Bangunan joglo ini menurut sumber setempat dibangun sekitar tahun 1819 dan telah mengalami beberapa perbaikan atau penambahan yang tidak terlalu besar. RB Sutrisno merupakan cucu dari Demang Wongso Inggeno. Ayah RB Sutrisno bernama Dalil (Harjowiyono) yang merupakan putra bungsu dari Demang Wongso Inggeno. RB Sutrisno merupakan putra nomor 9 dari 13 bersaudara.

Joglo RB Sutrisno merupakan salah satu joglo di Kabupaten Bantul yang pada tahun 2015 ini mendapatkan penghargaan sebagai Pelestari Warisan Budaya dan Cagar Budaya.

Source http://arsip.tembi.net http://arsip.tembi.net/edukasi/rumah-joglo-rb-sutrisno-pernah-menjadi-kantor-kademangan
Comments
Loading...