Rumah Jail Peninggalan Belanda Kab. Lingga

0 28

Rumah Jail Peninggalan Belanda

Penjara (jail) ini merupakan penjara pertama yang dibangun di Daik. Penjara ini dibangun pada tahun ± 1936 atas perintah residen kepada controller Belanda yang ada di Daik. Bangunan ini adalah bangunan penjara, dengan bentuk denah persegi panjang. Bangunan ini merupakan hasil pemugaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lingga pada tahun 2009. Bangunan penjara ini terdiri dari 4 buah ruangan, tiga ruang sel berjajar menghadap ke arah barat daya sedangkan sebuah ruangan lagi menghadap ke arah barat laut.

Masing-masing ruangan diberi dua buah lapis pintu, pintu pertama terbuat dari papan kayu, dan pintu kedua terbuat dari jeruji besi. Pada pintu kayu di bagian tengahnya terdapat lubang persegi empat. Masing-masing ruangan berukuran 135 cm x 345 cm. Di bagian atas dinding dari masing-masing ruangan terdapat sebuah ventilasi berbentuk persegi panjang yang diberi jeruji besi. Atap bangunan berbentuk limas yang terbuat dari asbes. Dinding bangunan terbuat dari bata berspesi semen. Pada bagian depan teras bangunan terdapat dua buah tiang yang terbuat dari besi berbentuk silinder.

 

 

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kabupaten-Lingga.pdf
Comments
Loading...