Rumah Jabatan Komandan Tentara Belanda Sulawesi Tenggara

0 68

Lokasi Rumah Jabatan Komandan Tentara Belanda

Rumah Jabatan Komandan Tentara Belanda terletak di Jalan Lakidende, termasuk wilayah Kelurahan Kandai, Kecamatan Kendari, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

Rumah Jabatan Komandan Tentara Belanda

Sekarang, bangunan ini difungsikan sebagai rumah Dinas Angkatan Darat Korem 143/HO dan telah mengalami renovasi pada tahun 2005. Di sebelah barat terdapat satu bunker. Dinding luar rumah dicat warna kuning, sedangkan daun pintu dan kuseng jendela dicat warna coklat.

Dimensi bangunan adalah panjang 15,3 m, lebar 10,3 m, dan tinggi langit-langit dari lantai adalah 3,7 m. Arah hadap ke selatan, penghuni rumah yang terlibat dalam proyek renovasi , ukuran panjang yang asli hanya 4 m. Atap bangunan adalah seng model genteng dengan posisi landai. Sebelum dipugar, bahan atap adalah sirap.

Pintu utama rumah di bagian depan, dengan dua daun pintu. Bagian dinding dilengkapi jendela kaca dengan bingkai kota-kotak kayu. Dinding samping juga dilengkapi dengan tiga pasang jendela dengan ventilasi kotak-kotak kecil di atasnya. Sedangkan sisi samping yang lainnya terdapat sebuah pintu dengan tiga pasang jendela di sebelahnya.

Di bagian interior rumah, terdapat 4 kamar dilengkapi 1 ruang tamu, dan 1 ruang tengah. Di belakang atau di sebelah utara bangunan utama, terdapat bangunan penunjang yang dihubungkan oleh tiang-tiang beratap seng. Bangunan penunjang tersebut berbentuk huruf L, memanjang dari timur ke barat dan dari utara ke selatan, membentuk sudut di bagian tenggara.

Ukuran bangunan penunjang dari timur ke barat 33 meter, dengan lebar 3,2 m. Bangunan penunjang terbagi menjadi 6 kamar, 1 gudang, dan 1 dapur yang masih memiliki cerobong asap.

Source https://zonasultra.com/ https://zonasultra.com/inilah-peninggalan-jepang-dan-belanda-yang-tersembunyi-di-kota-kendari-2.html
Comments
Loading...