Rumah Inspektur Tambang (SDIT) Sawahlunto

0 45

Rumah Inspektur Tambang (SDIT)

Bangunan ini dulunya berfungsi sebagai tempat tinggal Inspektur Belanda yang bernama Mr. Ovagen, Ncek Cleong, dan Van Nomen dan bapak Syamsudin yang saat itu menjabat sebagai kepala kantor. Sekarang difungsikan sebagai tempat sekolah TK Al Quran / SDIT Ishlahul Ummah. Bangunan ini terletak di kompleks perumahan Karyawan PT. TBO. Bangunan ini berfungsi sebagai Rumah Sakit Ombilin dan masih merupakan milik dari PT. TBO.

Fungsi semula bangunan ini adalah sebagai tempat tinggal, beberapa orang yang pernah menghuni bangunan ini antara lain : inspektur Belanda, Mr. Ovagen, Ncek Cleong, Van Nomen dan bapak Syamsudin yang saat itu menjabat sebagai kepala kantor. Bangunan ini terdiri dari dua lantai dan masih Terawat. Ciri khas bangunan kolonial pada bangunan ini dapat dilihat dari bentuk jendela dan bagian atap serta dinding yang kuat dan kokoh. Bangunan ini sudah mengalami perubahan sedikit terutama bagian dalam ruangan. Atap bagunan dari seng dan lantai dari tegel putih. Luas bangunan 18 x 10 meter.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kota-Sawahlunto.pdf
Comments
Loading...