Rumah Indis Basuki Widodo Wikyo Sudarmo Sleman

0 74

Rumah Indis Basuki Widodo Wikyo Sudarmo

Bangunan rumah tinggal milik Bapak Josep Basuki Widodo Wigyo Sudarmo merupakan bangunan bergaya Indis yang dibangun oleh orang Belanda sekitar tahun 1906-1910 kemudian dibeli oleh warga Tionghoa dan pada tahun 1946–an dibeli Bapak Kadar Wigyo Sudarmo orang tua dari Bapak Josep Basuki Widodo Wignyo Sudarmo. Bangunan saat ini disewakan untuk kantor BRI Unit Godean.

Bagunan terletak pada sudut timur laut simpang empat jalan Godean dan secara administratif berada di Ngabean, Sidoluhur, Godean, Sleman. Arah hadap bangunan menghadap ke timur di tepi jalan Jl. Jae Sumantoro 1, Godean , Sleman. Bangunan dengan atap berbentuk limasan perpaduan dengan bentuk balkon. Fasade depan masih asli dengan perpaduan jendela kaca dan halaman depan dibatasi pagar rendah yang masih asli berupa pilar-pilar batu kali espose.

Interior bangunan masih asli berupa ruangan luas yang dihubungkan pintu-pintu yang masih asli pula. Bagian belakang bangunan terdapat halaman yang di batasi kamar-kamar kecil di sisi barat dan utara. Yang sangat khas pada bangunan ini adalah corak ubin lantai yang bervariasi berupa ubin warna kuning gading, ubin warna semen muka basah, serta tangga kayu menuju ruang balkon yang masih asli. Atap tembok bagian depan masih asli tetapi terhalang oleh baliho ukuran besar bertuliskan Bank BRI.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbyogyakarta/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbyogyakarta/rumah-indis-basuki-widodo-wikyo-sudarmo-sleman/
Comments
Loading...