Rumah Indis Bapak Jemani Sleman

0 65

Lokasi Rumah Indis Bapak Jemani

Rumah ini terletak di Jl. Godean, Mutihan Geneng, Desa Sidoagung, Kecamatan Godean, Sleman, DIY. Rumah ini berada pada koordinat 49 M X : 0421693 ; Y : 9141494.

Rumah Indis Bapak Jemani

Bangunan rumah menghadap ke arah utara, terdiri dari rumah induk dan paviliun di sisi barat. Dilihat dari arsitektur bangunannya, bangunan rumah ini mempunyai arsitektur perpaduan antara bangunan indis dan rumah tradisional Jawa. Ciri-ciri indis yang menonjol pada ini bangunan adalah bangunannya tinggi, jendela dan pintu rangkap dengan variasi model krepyak, langit-langit tinggi. Diatas pintu dan jendela terdapat kanopi dengan menggunakan konsul besi.

Adapun ciri-ciri bangunan tradisional tampak pada atapnya yang berbentuk limasan, dengan 3 buah atap berderet ke belakang. Atap seperti ini disebut sebagai limasan gotong mayit. Rumah terbagi menjadi tiga ruang sesuaibentuk atapnya. Antar ruang dibatasi dinding, dan pintu yang berdaun ganda.Pintu pada dinding depan berupa pintu papan kayu (gebyog).Terdapat teras yang relatif kecil, sehingga cukup diatapi dengan emperan tanpa tiang. Dinding rumah relatif tinggi (3- 4 m), demikian juga dengan plafonnya. Karena lebar rumah tidak besar, rumah menjadi terlihat tinggi.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbyogyakarta/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbyogyakarta/rumah-indis-bapak-jemani/
Comments
Loading...