Rumah Gadang Pesisir Selatan Mirip Rumah Adat Aceh

0 102

Rumah Gadang Pesisir Selatan Mirip Rumah Adat Aceh

Ini masih tersisa sebuah bangunan lama di Kabupaten Pesisir Selatan, Propinsi Sumatera Barat. Jika saya tak salah bangunan seperti inilah oleh urang Pasisia disebut rumah gadang.

Berbeda arsitektur atap bangunan Rumah Gadang Rang Pasisie dengan Rumah Gadang dari negeri asal nenek nenek mereka di Alahan Panjang, Muaro Labuah atau dengan rumah adat Minang yang ada di Batusangkar sebagai pusat kerajaan Minangkabau dahulunya.

Rumah adat Urang Pasisia, arsitektur atapnya lebih mirip dengan rumah Aceh, ini mungkin disebabkan dahulunya banyak warga Pesisir Selatan yang merantau ke Aceh, terutama ke Tapak Tuan Aceh Selatan.

Atau juga mungkin wilayah Pessel terutama Indopura pernah takluk dibawah kerajaan Aceh dahulunya, sehingga IPTEK masyarakat Aceh sangat dominan mempengaruhi bentuk arsitektur bangunan rumah gadang di Pesisir Selatan.

Rumah gadang di Pesisir Selatan, hampir 98% atapnya meniru gaya arsitektur rumah rumah di Aceh. Di Batang Kapeh (Kampung ambo penulis) tidak satupun rumah gadang terbuat dari bahan kayu yang beratap gonjong seperti bangunan atap 1000 rumah adat di Solok Selatan.

Source http://pilarbangsanews.com http://pilarbangsanews.com/2018/07/25/rumah-gadang-pesisir-selatan-mirip-rumah-adat-aceh/
Comments
Loading...