situsbudaya.id

Rumah Gadang Engku Lareh St. Harun Sumatera Barat

0 38

Lokasi Rumah Gadang Engku Lareh St. Harun

Rumah Gadang Engku Lareh St. Harun terletak di Jl. Diponegoro, Nagari Lubuk Basung, Lubuk Basung, Agam Prov. Sumatera Barat.

Rumah Gadang Engku Lareh St. Harun

Menurut informasi dari Ibu Sophia (cicit Tuanku Lareh ) rumah ini adalah milik keluarga Zakiruddin (60 tahun), istrinya adalah cucu dari Tuanku Lareh kelarasan 12 Koto. Rumah Gadang Tuanku Lareh St. Harun tidak memiliki ukir-ukiran atau hiasan layaknya rumah gadang minangkabau pada umumnya. Rumah gadang ini memiliki denah bujursangkar dan berbentuk panggung. Atap terbuat dari seng, dinding kayu dengan tiang menggunakan sistem pasak, sedangkan lantai terbuat dari bahan papan (kayu).

Bangunan rumah tersebut terdiri dari 3 bagian yaitu, bagian depan (teras), bagian dalam, memiliki 3 kamar dan bagian dapur. Pada bagian dapur sudah direnovasi total dan bangunan terbuat dari tembok dan lantai keramik. Di dalam bangunan rumah gadang masih terdapat benda peninggalan budaya bergerak seperti payung gadang lengkap dengan tongkat dan pedangnya, brangkas (lemari besi) buatan Jerman, meja batu marmer, tempat tidur besi, talam, carano, piring dan tombak. Peralatan tersebut sampai sekarang masih dipergunakan untuk keperluan adat, seperti upacara perkawinan dan upacara kematian. Bangunan inti dari rumah gadang ini sudah banyak yang rusak/keropos.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/2017/08/20/rumah-gadang-engku-lareh-st-harun/
Comments
Loading...