Rumah Gadang Datuk Sunguik Kuantan Singingi

0 32

Rumah Gadang Datuk Sunguik

Rumah Gadang Datuk Datuk Sanguik merupakan salah satu dari tujuh buah Rumah Gadang Suku Piliang yang ada di jalan H. Soham Dusun Dua Desa Toar. Sama halnya dengan rumah Gadang Datuk Juanso, Rumah Gadang ini dipergunakan sebagai tempat berkumpulnya Suku Piliang keturunan Datuk Sanguik. Rumah ini dibangun sekitar tahun 1920-an. Rumah Gadang Datuk Sanguik terletak di sisi timur (di belakang) Rumah Gadang Datuk Juanso. Rumah Gadang Datuk Sanguik menghadap ke arah timur yaitu ke arah sungai Kuantan.

Antara Rumah Gadang Datuk juanso dan Rumah Gadang Datuk Sanguik dipisahkan oleh rumah kecil (rumah keluarga) yang berfungsi sebagai rumah singgah sementara (rumah transit) sebelum menempati rumah Gadang. Sebagai rumah tradisional Minangkabau khas rantau Kuantan, arsitektur rumah ini memiliki cirri khas tersendiri. Atap tumpang dua dengan model kajang padati. Sebagai rumah Panggung, pintu masuk rumah berada di sisi timur. Bangunan utama rumah ini mempunyai denah persegi panjang dan disangga oleh 20 buah tiang kayu. Jumlah 20 buah ini melambangkan adanya undang-undang adat yang ada di Kampung Toar sebanyak 20 buah yang harus ditaati.

Secara keseluruhan bentuk rumah ini hampir sama dengan rumah Gadang Datuk Juanso. Pada ruang utama terdapat pembatas bangunan yang berfungsi untuk membedakan antara ruang lakilaki dan ruang perempuan. Sementara itu, pada bagian panil bangunan terdapat ragam hias flora dan sulur-suluran berbentuk Aka Cino Tangah Duo Gagang. Kondisi bangunan Rumah Gadang Datuk Sanguik saat ini rusak berat, karena tidak dihuni. Sebagian dindingnya pada bagian dapur dan bagian depan sudah tidak ada. Rangkiang terdapat di sisi selatan yang berjumlah tiga buah. Rangkiang ini juga menjadi pembatas antara Rumah Gadang Datuk Sanguik dengan Rumah Gadang Datuk Sinaro Garang. 17 Kondisi ketiga rangkiang ini juga sudah rusak berat dan sebagian dindingnya telah hancur.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kuantan-Singingi-BPCB.pdf
Comments
Loading...