Rumah Gadang Datuk Paduko Rajo Lelo Suku Piliang Payakumbuh

0 29

Rumah Gadang Datuk Paduko Rajo Lelo Suku Piliang

Bangunan merupakan bangunan rumah adat tradisonal (rumah gadang) bertipe Koto Piliang, dimana pada bagian kiri-kanan bangunan terdapat anjungan (yang lantainya tidak rata/sama tinggi). Rumah gadang ini merupakan rumah tinggal ketua KAN yang dibangun pada tahun 2 September 1945 sesuai dengan inskripsi yang terdapat pada bagian depan beranda.

Orientasi (arah hadap bangunan) adalah barat. Secara umum bangunan terdiri dari 3 (tiga) komponen. Bangunan rumah terbuat dari kayu, tangga depan (beranda) dari tembok dan atap dari seng. Bangunan utama berdenah empat persegi panjang dengan ukuran panjang 7 m dan lebar 18 m, dan pada bagian samping kiri-kanan (utara-selatan) bangunan utama terdapat bangunan pengembangan berdenah empat persegi panjang dengan ukuran panjang masing-masing 3,6 x 4 m. Jumlah tonggak keseluruhan bangunan adalah 36 buah. Tangga depan (pintu masuk) terdapat pada sisi barat, terbuat bata berspesi dengan ukuran panjang 6,7 m dan lebar 4,13 m. Tangga masuk memiliki ukuran lebar 1,55 m x 2,36 m.

Pada sisi ini selain tangga masuk, juga terdapat sebuah bangunan yang menonjol keluar yang difungsikan sebagai beranda. Pada bagian depan beranda ini terdapat ornamen bintang, bulan sabit, tombak dalam posisi bersilang serta ukiran-ukiran dengan motif flora. Jendela secara keseluruhan berjumlah 8 buah pada bagian depan (sisi barat) dan 8 pada bagian belakang (sisi timur). Pada bagian atas jendela terdapat ukiran dengan motif flora dengan mahkota pada bagian tengahnya. Atap terbuat dari seng dengan gonjong berjumlah 3 pada sisi kiri, 3 pada sisi kanan dan 2 pada bagian tengah (ruang beranda).

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kota-Payakumbuh.pdf
Comments
Loading...