Rumah Gadang 20 Ruang

0 24

Rumah Gadang 20 Ruang

Rumah Gadang 20 Ruang berada di Nagari Sulit Air. Asal mula nama Nagari Sulit Air diberikan oleh Datuk Mulo Nan Kawi yang berasal dari Pariangan Padang panjang yang merantau bersama kaumnya untuk mencari kehidupan yang lebih baik. Pada saat sampai di suatu daerah yang bernama Lubuk Parabung, beliau makan bersama, ketika sedang makan beliau tercekik, maka beliau mencari air. Ternyata sangat susah mencari air jernih untuk diminum, sehingga beliau memberi nama daerah ini dengan Nagari Sulit Air. Sesuai dengan namanya, rumah gadang ini memiliki 20 ruang. Rumah Gadang 20 Ruang dibangun pada tahun 1820, tetapi bangunan ini terbakar dan kemudian didirikan kembali pada tahun 1901 dan selesai pada tahun 1907. Pembangunan ini tidak lagi sesuai dengan bangunan aslinya, karena atap yang semula dibuat dari ijuk dan dinding berukir diganti dengan atap dari seng dan dinding yang tidak lagi diukir tapi polos.

Rumah gadang 20 Ruang dibangun oleh XX Koto, yaitu X Koto di atas dan X Koto di bawah. Pekerjaan pembangunan rumah gadang ini dilakukan oleh wakil dari Nagari XX Koto beserta kaum dan masyarakat sekitar secara gotong royong. Bagian yang pertama diselesaikan adalah bagian sebelah kanan rumah gadang. Bangunan ini awalnya merupakan tempat berkumpulnya ninik mamak, para penghulu, dan yang paling utama adalah tempat tinggal Bundo Kandung Sulit Air. Rumah gadang ini mempunyai dua orang Datuk yang mengepalai kaumnya dan dua orang Bundo Kandung sebagai pengatur tertibnya kehidupan di rumah gadang. Pada pangkal rumah gadang dimiliki oleh oleh Dt. Tamaruhun, sedangkan pada bagian ujung dimiliki oleh Dt. Ampang Limo. Rumah Gadang 20 Ruang ini sekarang dihuni oleh turunan Dt. Tamaruhun dan Dt. Ampang Limo. Saat ini rumah gadang masih difungsikan sebagai tempat pelaksanaan upacara adat dan tempat pelaksanaan pesta atau baralek.

Rumah gadang 20 Ruang mempunyai karakteristik bangunan yang terbuat dari kayu dengan jumlah ruang sebanyak 20 ruang. Masing-masing ruang dulunya 11 | P a g e terdiri dari 2 kamar, sehingga jumlah kamarnya adalah 40 buah. Bangunan ini mempunyai ciri arsitektur khas minangkabau, yaitu bentuk bangunan kolong dengan atap gonjong berjumlah 4 (empat) yang melambangkan 4 (empat) suku besar yang ada di Nagari Sulit Air yaitu : Limo Panjang, Limo Singkek, Simabur, dan Piliang. Atap rumah gadang 20 ruang terbuat dari seng gelombang. Dulunya atap rumah gadang terbuat dari ijuk, namun karena bangunan ini sudah pernah terbakar, maka sebagai penggantinya sekarang menjadi atap seng. Bagian kolong bangunan dapat dimanfaatkan untuk aktivitas juga karena tingginya mencapai 170 cm. Ruang antar tiang sisi terluar dihias dengan kayu bermotif ombak/gelombang. Sementara itu dinding sekeliling rumah gadang dibuat polos tanpa hiasan. Untuk masuk ke rumah gadang ada tangga naik di depan rumah yang berjumlah 4 (empat) buah terbuat dari kayu.

Di bagian atas masing-masing jenjang juga dibuat atap peneduh berbentuk gonjong. Seperti pada umumnya rumah gadang, bangunan Rumah Gadang 20 ruang dibuat dengan struktur dan konstruksi yang semuanya terbuat dari kayu. Bangunan ini ditopang oleh tiang yang berjumlah 105 buah, dengan susunan lebarnya 5 buah tiang, dan panjangnya 21 buah tiang. Masing-masing tiang yang berdiri di atas batu sandi saling dihubungkan dengan rasuak dan palanca yang berfungsi seperti slof dan ring balok. Di bagian atas tiang terdapat paran yang juga berfungsi sebagai tempat dudukan kasau. Lantai bangunan berada di ketinggian 2 meter di atas tanah. Lantai yang terbuat dari kayu ditopang oleh jariau yang masing-masing berjarak rata-rata 50 cm. Ujung-ujung jariau bertumpu pada sigitan yang berada di atas rasuak. Konstruksi rangka atap rumah gadang tidak memakai kuda-kuda. Kayu reng bertumpu pada kasau. Kasau yang ada langsung bertumpu pada paran. Bagian bubungan atap bertumpu pada tiang deretan tengah memanjang horizontal.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kabupaten-Solok.pdf
Comments
Loading...