Rumah Gadang 15 Ruang Solok Selatan

0 13

Rumah Gadang 15 Ruang

Bangunan ini milik Datuk Bandaro Kayo yang mempunyai suku Melayu Tabiang. Rumah Gadang ini masih dihuni oleh turunan dari Datuak Bandaro Kayo yang tidak mempunyai rumah sendiri. Selain itu bangunan ini juga digunakan untuk pesta adat, pesta perkawinan, dan ada anggota keluarga yang meninggal disemayamkan di tempat ini. Sampai saat ini rumah gadang sudah diwariskan pada datuk yang ketujuh.

Bangunan ini disebut rumah rumah Gadang 15 Ruang karena jumlah ruangannya yang terdiri dari 15 Bilik/kamar tidur. Dinding bangunan terbuat dari semen sedangkan tulang untuk melengketkan semen terbuat dari bambu yang dianyam. Dinding bilik terbuat dari papan, lantai bangunan papan, dan atap terbuat dari seng yang berbentuk gonjong. Bagian tengah bangunan ditopang oleh tiang yang berjumlah 17 tiang. Bangunan rumah gadang mempunyai konstruksi rumah panggung, beratap seng gelombang, dengan jumlah gonjong 8 buah (empat di kiri, empat di kanan). Selain itu di Bagian serambi terdapat juga satu gonjong, tetapi tidak terhitung dalam jumlah gonjong pada rumah gadang.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kabupaten-Solok-Selatan.pdf
Comments
Loading...