Rumah Gadang 13 Ruang Suku Paduko Rajo Suku Dalimo

0 18

Rumah Gadang 13 Ruang Suku Paduko Rajo Suku Dalimo

Rumah Gadang 13 Ruang dibangun oleh Suku Dalimo. Pertanggalan dari pembangunan rumah gadang tersebut tidak dapat diketahui dengan pasti. Namun demikian dapat diberikan gambaran bahwa pembangunan Rumah Gadang terebut semasa generasi kedua dari Suku Dalimo, pada masa kepemimpinan kepala suku yang bernama Gomo Datuk Paduko Rajo.

Fungsi semula Rumah Gadang Suku Dalimo ini adalah sebagai rumah tempat tinggal keluarga-keluarga dari suku Dalimo. Selain itu juga difungsikan untuk balai adat dan tempat untuk baralek (pesta perkawinan) nagari, batagak pangulu dan keperluan adat lainnya. Rumah gadang Suku Dalimo ini semula terdiri dari 17 ruang, namun kini menyisakan 13 ruang. Begitu juga atap aslinya berbahan ilalang kemudian diganti dengan seng. Kapan penggantian dan perubahan-perubahan tersebut dilakukan tidak dapat lagi diketahui dengan pasti. Bahkan para ahli warisnya pun tidak ada yang tahu kapan perubahan- perubahan tersebut dilakukan.

Lebih lanjut diperoleh informasi dari masyarakat setempat, bahwa pada sekitar tahun 1955, beberapa bagian dinding depan, dinding belakang, dan papan lantai mengalami pergantian. Bahkan pada waktu pergolakan PRRI bagian dinding belakang dan lantai sengaja dibongkar dengan maksud agar rumah tersebut seolah-olah sebagai rumah kosong sehingga tidak dibakar oleh pihak-pihak yang bertikai pada waktu itu. Semula Rumah Gadang ini dihuni oleh 13 kepala keluarga dari suku Dalimo. Namun dengan adanya pembongkaranpembongkaran dan juga perkembangan dari jumlah anggota keluarga, maka yang menghuni rumah kemudian hanya tinggal satu keluarga yang sekaligus sebagai penunggunya.

Rumah Gadang Suku Dalimo berdasarkan langgamnya merupakan Rumah gadang laras Koto-Piliang. Hal ini ditandai dengan adanya anjuang yang berada di ujung sisi kanan (Timur) bagian lantai. Secara umum, bentuk Rumah Gadang ini berbentuk rumah panggung dan beratap gonjong. Orientasi arah hadap rumah menghadap ke Utara serong Barat 25:. Secara keseluruhan bangunan berukuran panjang 50,60 m x 8,40 m. Pada ujung Timur terdapat anjung berukuran 8,45 m x 3,8 m dan tinggi 45 cm dari lantai. Dahulu bagian anjung ini sekaligus sebagai Ruang ke-1 yang ditempati oleh keluarga yang paling tua atau yang dituakan di dalam seluruh keluarga.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kabupaten-Sijunjung.pdf
Comments
Loading...