Rumah Eks Kepala Sekolah Kweeckshool (Kantor Dinas P&K) Bukittinggi

0 28

Rumah Eks Kepala Sekolah Kweeckshool (Kantor Dinas P&K)

Pertama kali didirikan gedung ini digunakan sebagai tempat tinggal Kepala Sekolah Kweeckshool. Pasca kemerdekaan, sebelum menjadi Kantor Dikbud, bangunan ini berturut-turut menjadi kantor DPRD, Kantor Pajak, dan IKIP Bahasa Inggris dan Arab (sebelum dipindahkan ke Padang). Tahun 2017 gedung ini dipakai menjadi Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bukittinggi, dimana sebelumnya merupakan Dinas Pendidikan.

Secara umum bangunan tersebut belum banyak berubah, hanya beberapa bagian yang mengalami penambahan bangunan. Bangunan ini berukuran 18 x 12 m ditopang dengan 4 buah tiang utama dengan hiasan ukiran pada bagian penopangnya. Kamar kecil masih asli dan masih berfungsi sampai sekarang. Pada bagian belakang sebelah kiri bangunan, digunakan sebagai Kantor Badan Pertahanan Nasional Kota Bukittinggi. Bangunan gedung ini telah mengalami renovasi dalam interior saja (seperti pengecetan), renovasi dimulai tahun 2010. Sebelum menjadi Kantor Dinas Pendidikan (Sekarang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bukittinggi) Gedung ini terbagi dua kepemilikan, yang depan milik kota Bukittinggi dan yang belakang milik Kabupaten Agam, yang kemudian seluruh bangunan di hibahkan kepada Kota Bukittinggi.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kota-Bukittinggi.pdf
Comments
Loading...