Rumah Duka (Perkumpulan Rukun Sinoman Dana Pangrukti)

0 34

Rumah Duka (Perkumpulan Rukun Sinoman Dana Pangrukti)

Memasuki area rumah duka yang berada di Jalan Monginsidi ini, suasana khas arsitektur Tiongkok langsung terasa. Kuatnya arsitektur Tiongkok juga tertuang dalam sertifikat 07/TB/KDR/Y/2011 yang dikeluarkan oleh BPCB tertanggal 1 Juni 2011, dibangun pada 25 Agustus 1875.

Pada bangunan ini terdapat dua prasasti yang menyebutkan pembangunan pada 25 Agustus 1875 dan direnovasi pada 1890. Kedua prasasti yang sekarang masih dibaca ini menjadi penanda kisah berdirinya rumah duka ini.

Arsitektur Tionghoa terlihat dari bentuk atap bangunan utama. Di puncak atap yang berbentuk melengkung terlihat ornamen khas Tionghoa.

Meski ada tambahan atap modern untuk kebutuhan pelayanan duka, bentuk asli khas Tiongkok itu masih bisa terlihat hingga sekarang. Konstruksinya serba kayu dengan atap berbentuk pelana. Kekhasan lainnya bisa terlihat dari pintu masuk bangunan utama yang masih dipertahankan dan beberapa prasasti bertuliskan huruf Tiongkok.

Pada bangunan yang memiliki luas 841 meter persegi tersebut juga terasa sentuhan arsitektur Belanda yang terlihat dari bentuk pendapa dengan panjang 15 x10 meter dengan beberapa pilar penyangga. Juga pintu beberapa ruangan tambahan yang berukuran besar seperti halnya bangunan Belanda.

Source https://gpswisataindonesia.info https://gpswisataindonesia.info/2018/12/wisata-sejarah-di-kota-kediri-jawa-timur/
Comments
Loading...