Rumah Dokter Asal Belanda Kini Jadi Kantor Kecamatan di Garut

0 57

Rumah Dokter Asal Belanda Kini Jadi Kantor Kecamatan di Garut

Di Garut, Jawa Barat, masih banyak bangunan-bangunan peninggalan zaman Belanda yang berdiri tegak. Bangunan-bangunan tersebut bahkan ada yang masih dimanfaatkan hingga kini.

Salah satunya adalah sebuah gedung bertingkat di Jalan Pramuka, Kecamatan Garut Kota. Bangunan tersebut saat ini dimanfaatkan sebagai kantor Kecamatan Garut Kota.

Bangunan ini merupakan cultural heritage (warisan budaya). Awalnya, bangunan ini merupakan rumah milik seorang dokter asal belanda, namanya dokter RemletBangunan ini merupakan cultural heritage (warisan budaya). Awalnya, bangunan ini merupakan rumah milik seorang dokter asal belanda, namanya dokter Remlet.

Bangunan dengan luas sekitar 35 meter persegi ini memiliki dua lantai. Saat ini, bangunan tersebut masih digunakan sebagai ruang pelayanan masyarakat.

Yang menjadi ciri khas dari bangunan tersebut adalah sebuah menara di bagian depan bangunan dengan tinggi sekitar 17 meter.

“Ciri khas bangunan ini memiliki menara segi delapan pada bagian depan atau muka bangunan. Bentuk aslinya memang seperti ini,” ungkap Camat Garut Kota Bambang Hafidz kepada detikcom di Kantor Kecamatan Garut Kota.

Tidak ada yang diubah dari bangunan ini. Hanya saja sejumlah bagian dari bangunan ini ada yang diperbaiki karena kondisinya sudah rusak.

“Ada pemeliharaan, tapi tidak merubah bentuk. Ada beberapa bagian yang diperbaiki tapi bukan diubah bentuknya,” ungkapnya.

Yang menjadi ciri khas dari bangunan tersebut adalah sebuah menara di bagian depan bangunan dengan tinggi sekitar 17 meter.Yang menjadi ciri khas dari bangunan tersebut adalah sebuah menara di bagian depan bangunan dengan tinggi sekitar 17 meter.

Di dalam menara tersebut, kini dimanfaatkan sebagai ruang kerja camat. Selain menara yang menjulang tinggi, ciri khas lain yang sangat menonjol dari bangunan tersebut adalah warna bangunan yang masih dipertahankan seperti aslinya.

“Warna temboknya putih, warna pintu dan kusennya cokelat tua,” katanya.

Source https://news.detik.com https://news.detik.com/berita-jawa-barat/d-3708535/rumah-dokter-asal-belanda-kini-jadi-kantor-kecamatan-di-garut
Comments
Loading...