Rumah Direktur Sekolah Rajo

0 32

Rumah Direktur Sekolah Rajo

Bekas Bangunan Kantor Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bukittinggi berada di Jalan Jenderal Sudirman No. 9, Kelurahan Belakang Balok, Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh, sekitar 100 m ke arah utara dari Sekolah SMU 2 Bukittinggi. Pertama kali didirikan gedung ini digunakan sebagai rumah bagi Kepala Sekolah Kweekshcool. Pasca kemerdekaan, sebelum menjadi Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, bangunan ini berturut-turut menjadi Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, Kantor Pajak, dan Intitut Keguruan Ilmu Pendidikan[1] Bahasa Inggris dan Arab (sebelum dipindahkan ke Padang).

Secara umum bangunan tersebut belum banyak berubah, hanya beberapa bagian yang mengalami penambahan bangunan yakni pada bagian belakang. Bangunan ini berukuran 18 x 12 m ditopang dengan 4 buah tiang utama dengan hiasan ukiran pada bagian penopangnya. Kamar kecil masih asli dan masih berfungsi sampai sekarang. Bangunan ini sudah mengalami perbaikan/renovasi tahun 2010 dengan tidak merubah bentuk dan struktur bangunan. Sampai dengan akhir tahun 2016 bangunan ini difungsikan sebagai kantor Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Bukittinggi dan semenjak tahun 2017 bangunan ini digunakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

Source http://bukittinggiheritage.blogspot.com http://bukittinggiheritage.blogspot.com/2017/09/2-rumah-direktur-sekolah-rajo.html
Comments
Loading...