Rumah Dinas PT.BA-UPO W.48 (Museum Tambang) Sawahlunto

0 41

Rumah Dinas PT.BA-UPO W.48 (Museum Tambang)

Bangunan Kantor Persatuan Istri Karyawan berada dalam kompleks perkantoran PT. BA-UPO. Bangunan ini pernah menjadi tempat tinggal pejabat perusahaan tambang Batu Bara Ombilin setingkat direksi (PT.BA-UPO). Kemudian seperti saat sekarang, bangunan ini digunakan sebagai Kantor Periska.

Bangunan ini belum mengalami perubahan yang berarti. Karakter sebagai bangunan kolonial masih tampak dengan jelas. Arsitektur kolonial pada bagunan ini terlihat mencolok terutama pada bagian jendela, pintu bentuk atap limas dan struktur bangunan yang kokoh. Bangunan Kantor Persatuan Istri Karyawan berada dalam kompleks perkantoran PT. BA-UPO.

Bangunan ini pernah menjadi tempat tinggal pejabat perusahaan tambang Batu Bara Ombilin setingkat direksi (PT.BA-UPO). Kemudian seperti saat sekarang, bangunan ini digunakan sebagai Kantor Periska. Deskripsi Arkeologis Bangunan ini belum mengalami perubahan yang berarti. Karakter sebagai bangunan kolonial masih tampak dengan jelas. Arsitektur kolonial pada bagunan ini terlihat mencolok terutama pada bagian jendela, pintu bentuk atap limas dan struktur bangunan yang kokoh.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kota-Sawahlunto.pdf
Comments
Loading...