Rumah Dinas PT.BA-UPO W.302 Sawahlunto

0 27

Rumah Dinas PT.BA-UPO W.302

Merupakan mess bujangan bagi karyawan PT. TBO yang masih bujangan di zaman kolonial. Dinamakan juga sebagai Rumah Dinas PT.BA-UPO W 302. Bangunan ini terletak didepan bangunan sentral lama dan juga masih milik dari PT.TBO yang difungsikan sebagai Asrama karyawan. Tetapi sekarang bangunan ini tidak dipakai lagi dan kondisinya tidak terawat.

Kaca jendela banyak yang pecah dan sekarang berfungsi untuk kandang kambing. Bangunan ini terdiri dari dua lantai dan dua petak. Arsitek kolonial pada bagunan ini masih sangat menonjol hal ini dapat dilihat pada bagian atap yang berbentuk pelana, jendela serta pintu yang lebar, fentilasi yuang banyak dan bangunan yang kuat dan kokoh. Bangunan ini sudah mengalami perubahan sedikit terutama bagian dalam bangunan. Bangunan ini juga sama dengan rumah-rumah yang lain yang terbagi dari dua bangunan yaitu bangunan utama dan bangunan bagian belakang.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kota-Sawahlunto.pdf
Comments
Loading...