Rumah Dinas PT.BA -UPO W.3 (Rumah Dinas Dokter) Sawahlunto

0 11

Rumah Dinas PT.BA -UPO W.3 (Rumah Dinas Dokter)

Dimasa lalu bangunan sebagai tempat tinggal dr. Belanda (Eropa) yang bertugas di RS. TBO. Berada persis didepan kira-kira 50 meter dari rumah sakit memberikan keyakinan bahwa ini meupakan bangunan yang memiliki keterkaitan untuk menunjang kelancaran aktivitas petugas di rumah sakit. Bangunan ini sekarang dihuni oleh dokter RSUD Sawahlunto. Rumah ini dahulu dihuni oleh seorang dr. Belanda yang bertugas dirumah sakit umum pada masa itu.

Bangunan ini terdiri dari dua lantai. Arsitektur khas kolonial bangunan hadir melalui bentuk jendela, pintu, atap, ventilasi seagaimana bangunan kolonial lainnya di Sawahlunto. Bangunan ini belum mengalami perubahan yang berarti, hanya penambahan pada bagian teras dan paviliun bagian samping kiri bangunan. Bagian lantai bangunan masih asli yaitu terbuat dari ubin. Dimasa lalu bangunan sebagai tempat tinggal dr. Belanda (Eropa) yang bertugas di RS. TBO. Berada persis didepan kira-kira 50 meter dari rumah sakit memberikan keyakinan bahwa ini meupakan bangunan yang memiliki keterkaitan untuk menunjang kelancaran aktivitas petugas di rumah sakit.

Bangunan ini sekarang dihuni oleh dokter RSUD Sawahlunto. Rumah ini dahulu dihuni oleh seorang dr. Belanda yang bertugas dirumah sakit umum pada masa itu. Deskripsi Arkeologis Bangunan ini terdiri dari dua lantai. Arsitektur khas kolonial bangunan hadir melalui bentuk jendela, pintu, atap, ventilasi seagaimana bangunan kolonial lainnya di Sawahlunto. Bangunan ini belum mengalami perubahan yang berarti, hanya penambahan pada bagian teras dan paviliun bagian samping kiri bangunan. Bagian lantai bangunan masih asli yaitu terbuat dari ubin.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kota-Sawahlunto.pdf
Comments
Loading...