Rumah Dinas PT.BA-UPO W.15 (Mess Arga IIA) Sawahlunto

0 23

Rumah Dinas PT.BA-UPO W.15 (Mess Arga IIA)

Riwayat dan dan arsitektur bangunan persis Rumah eks. Rumah Dinas Kapolsek yang berada di sebelahnya. Bangunan kembar yang pernah menjadi hunian Karyawan PT-TBO ini pernah juga sebagai Rumah Dinas Komandan Sektor. Kemudian setelah dilakukan revitalisasi dan konservasi bersamaan dengan Rumah Dinas Kapolsek. Bangunan ini menjadi Mess Pemerintah Kota Sawahlunto dengan nama Mess Arga II B.

Bangunan ini letaknya sejajar dengan Rumah Dinas Kapolsek. Bentuk dan arsitektur rumah ini sama persis dengan Rumah Dinas Kapolsek. Atapnya berupa atap pelana, yang bagian atasnya terdapat atap tambahan yang berfungsi sebagai ventilasi. Tetapi bagian teras rumah ini sudah mengalami perubahan. Atap bangunan dari bahan seng, plafon dari papan dan lantai dari ubin biasa warna hitam Riwayat dan dan arsitektur bangunan persis Rumah eks. Rumah Dinas Kapolsek yang berada di sebelahnya.

Bangunan kembar yang pernah menjadi hunian Karyawan PT-TBO ini pernah juga sebagai Rumah Dinas Komandan Sektor. Kemudian setelah dilakukan revitalisasi dan konservasi bersamaan dengan Rumah Dinas Kapolsek. Bangunan ini menjadi Mess Pemerintah Kota Sawahlunto dengan nama Mess Arga II B. Deskripsi Arkeologis Bangunan ini letaknya sejajar dengan Rumah Dinas Kapolsek. Bentuk dan arsitektur rumah ini sama persis dengan Rumah Dinas Kapolsek. Atapnya berupa atap pelana, yang bagian atasnya terdapat atap tambahan yang berfungsi sebagai ventilasi. Tetapi bagian teras rumah ini sudah mengalami perubahan. Atap bangunan dari bahan seng, plafon dari papan dan lantai dari ubin biasa warna hitam.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kota-Sawahlunto.pdf
Comments
Loading...