Rumah Dinas PT.BA-UPO W.14 (Suite Room Hotel Ombilin) Sawahlunto

0 11

Rumah Dinas PT.BA-UPO W.14 (Suite Room Hotel Ombilin)

Rumah hunian pejabat tambang Batu Bara Ombilin masa kolonial Belanda ini pernah juga menjadi tempat tinggal dokter RSUD Sawahlunto. Beberapa tahun belakang eks. Rumah Dinas pejabat tambang dan dr. RSUD ini kemudian menjadi bagian dari Heritage Hotel Ombilin.

Arsitektur dan struktur bangunan yang terletak di bagian belakang gedung utama Heritage Hotel Ombilin, persis di pingir sungai Lunto. Bangunan ini belum mengalami banyak perubahan. Bentuk aslinya masih terjaga. Atap bangunan berbentuk pelana. Arsitektur yang khas menjadikan bangunan ini terkesan cukup mewah dibanding bangunan sekitarnya. Pada bagian teras terdapat empat tiang penyangga dari beton. Atap bangunan terbuat dari genteng. Plafon berbahan papan dan lantai terbuat dari tegel berwarna krem dengan motif hiasan flora. Bentuk jendela dan pintu lebar-lebar khas mencitrakan bangunan tinggalan masa kolonial.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kota-Sawahlunto.pdf
Comments
Loading...