Rumah Dinas Pegawai Rsud Sawahlunto

0 22

Rumah Dinas Pegawai Rsud Sawahlunto

Dibangun sekitar tahun 1900-an di Gang I kawasan Tanah Lapang. Bangunan ini pernah menjadi rumah dinas dokter/pegawai Ombilinmijnen-Hospitaal (RSUD-sekarang). Saat ini bangunan ditempati sebagai rumah tinggal Pegawai Dinas Kesehatan Kota Sawahlunto. Bentuk bangunan ini seperti rumah petak yang terdiri dari 4 bangunan dipisahkan oleh hanya masing-masing dinding satu bangunan dengan bangunan lainnya. Arsitektur kolonial terlihat pada lengkung kunsen jendela di depan yang sangat lebar.

Bentuk lengkung ini seperti tapal kuda dengan ukuran diameter 2,80 m dan tinggi 162 cm. Di bagian sisi kanan terdapat pintu kayu dengan ukuran tinggi 180 cm dan lebar 66 cm. Atap rumah berbentuk pelana bertumpang dua dan terbuat dari seng. ventilasi terdapat di bagian atas dan bagian kaki rumah. Ventilasi bagian atas berjumlah 2 buah berbentuk bujur sangkar berukuran 32 x 32 cm. lubang angin di bagian kaki rumah berbentuk seperti huruf U terbalik berukuran 15 cm x 30 cm.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kota-Sawahlunto.pdf
Comments
Loading...