Rumah Dinas Letnan Tionghoa

0 36

Rumah Dinas Letnan Tionghoa

Terletak di Jalan Brawijaya, Kelurahan Pakelan, Kota Kediri, tak sedikit orang yang melirik satu bangunan tua di selatan jalan kawasan perbankan tersebut. Siapa sangka bangunan yang saat ini seperti terlihat mangkrak itu merupakan bekas dari rumah seorang letnan keturunan Tionghoa kala itu.

Akulturasi tiga kebudayaan pun melekat pada bangunan yang telah berdiri lebih dari satu abad ini. Dua pilar utama yang menyangga teras, kental akan ciri khas bangunan Eropa. Pilar tersebut berbentuk bulat atau silindris. Agak mengecil pada bagian atasnya. Sementara pada bagian bawah dan atas pilar terdapat hiasan berbentuk persegi yang berfungsi sebagai penyangga.

Sementara ciri khas Jawa terlihat dari payungan pada setiap tepi atap utama. Itu dapat dilihat pada semua sisi bangunan. Baik bagian depan maupun belakang bangunan utama. Untuk nuansa Tiongkok, bisa dijumpai pada hiasan di pintu serta jendela kaca yang bermotif guci dan bunga warna-warni.

Memang, rumah tua tersebut terbagi atas dua bangunan. Bangunan utama yang terletak di bagian depan serta ada bangunan pendukung di belakang rumah membentuk huruf U. Di antara bangunan depan dan belakang tadi terdapat halaman yang dulunya adalah sebuah taman.

Total ada sembilan kamar tidur. Baik pada bangunan utama maupun bangunan pendukung. Bangunan utama berfungsi sebagai ruang tamu, balai, dan ruang keluarga.

Source https://gpswisataindonesia.info https://gpswisataindonesia.info/2018/12/wisata-sejarah-di-kota-kediri-jawa-timur/
Comments
Loading...