Rumah Dinas Komandan Tentara Bandung

0 102

Rumah Dinas Komandan Tentara

Kartupos ini memperlihatkan Rumah Dinas Komandan Tentara. Karena rumah ini besar sekali, orang Bandung pada jaman itu suka menyabutnya:

“Istana Komandan Tentara” alias “Paleis van den Legercommandant”. Tetapi gedung ini tidak hanya adalah rumah dinas tetapi juga merupakan kantor staf militer. Di sebelah kanan terlihat tiang dengan sang merah-putih-biru, yaitu bendera Belanda.

Gedung di Atjehstraat (kini Jl Aceh) ini dibangun pada tahun 1918 berdasarkan karya bersama kakak beradik Richard Leonard Arnold Schoemaker (1886-1942) dan Charles Prosper Wolff Schoemaker (1882-1949), dua arsitek ternama dari Bandung. Gedung dibangun dalam rangka rencana pemerintah Hindia Belanda untuk menjadikan kota Bandung sebagai Ibu Kota serta Pusat Komando Militer.

Untuk maksud tersebut pemerintah memindahkan Departemen Peperangan (Departement van Oorlog) dari Batavia ke kota Bandung. Dalam kompleks baru dibangun pula rumah dinas panglima yang ini. Arsitektur bangunan sangat unik dan kuat mengesankan bangunan benteng militer. Terlihat bahwa bangunan memiliki karakter yang megah dan berwibawa. Hal ini selaras dengan keinginan pihak kolonial Belanda agar memiliki citra yang berwibawa di muka bangsa pribumi. Gaya arsitektur ini merupakan gaya Kubism tercampur dengan gaya Neo Klasik. Dari segi desain, bangunan ini tidak terlalu banyak mempergunakan elemen-elemen hiasan pada fasade bangunan, akan tetapi desain dari bangunan ini sudah mempertimbangkan aspek lingkungan tropis, diantaranya dengan menerapkan bukaan-bukaan yang besar serta permainan bentuk pada facade.

Bangunan Paleis van den Legercommandant (sekarang Markas Komando Daerah Militer III Siliwangi) dibangun pada tahun 1918 berdasarkan rancangan arsitek R.L.A. Schoemaker dan C.P. Wolff Schoemaker. Arsitektur bangunan sangat unik dan kuat mengesankan bangunan benteng militer. Gaya arsitektur ini merupakan gaya Kubism.

Source http://bangunan-bersejarah.blogspot.com http://bangunan-bersejarah.blogspot.com/2012/04/rumah-dinas-komandan-tentara.html
Comments
Loading...