Rumah Dinas Kapolsek Tebing Tinggi

0 80

Lokasi Rumah Dinas Kapolsek

Rumah Dinas Kapolsek terletak di Tebing Tinggi, Kepulauan Meranti, Riau.

Rumah Dinas Kapolsek

Untuk menjelaskan sejarah Bangunan Rumah Dinas Kapolsek di Kepulaun Meranti, sampai sekarang belum ditemukan bukti-bukti tertulis yang bisa dijadikan pedoman untuk mengetahui sejarah rumah Dinas Kapoisek ini. Tapi meskipun demikian untuk sejarah rumah Dinas Kapolsek ini dilihat dari Arsitektur Bangunan, Kontek bangunan, dan ditambah lagi informasi-informasi dari masyarakat sekitar tentang keberadaan bangunan ini, dapat diperkirakan tentang sejarah bangunan rumah kapolsek ini.

Secara arsitektural Rumah Dinas Kapolsek ini merupakan bangunan kolonial, yang dibangun masa penjajahan Belanda di Kepulau Meranti, hal ini dilihat dari bentuk bangunan, ‘gava hiasan yang terdapat pada bangunan yang memiliki gaya bangunan khas bangunan Belanda. Hal ini juga terlihat dari kontek bangunan, bangunan ini terdapat disekitar bangunan-bangunan tua lainya di pulau Selat Panjang, Seperti Bangunan Pos, Rumah Dinas Kodim, Dinas BPKAD Kabupaten Kepulaun Meranti, Kantor Samsat Provinsi di Kota Selat Panjang, Makam Belanda, dan Masjid Lama dan Makam Lama (lima puluh). Bangunan ini rnerupakan bangunan tinggalan masa kolonial di Kepulauan Meranti. Hal ini dapat dilihat dari bentuk arsitektural, gaya hiasan pada bangunan dan juga dari bahan bangunan yang terbuat dari bata berlepa, tepi befum menggunakan semen, masih mengunakan kapur atau sejenisnya.

Hal ini juga di dukung, informasi dari penjaga Makarn Tuanku Sulung (rnakam Panglima Selat Panjang) yaitu Tuanku Padli anak dari Tuanku Fakrudin Alamarhum. Dari sejarah tutur yang diterima dari Alrnarhum Bapak Fahrudin, bahwa dulu disebelah barat Bangunan Ru mah Dinas Kapolsek adalah lapangan, sekarang mejadi taman kota yang diberi nama taman Cik Puan.

Disebelah utara taman ini yang sekarang merupakan bangunan ruko dulunya adalah penjara. Jadi rumah ini dilohat dari arsitektur asli sebelum dilakukan perubahan kemungkinan merupakan bagian dari komplek bangunan penjara. Karena dilihat dari bentuk ruangan yang sekarang difungsikan sebagai ruangan tamu, dulunya adalah ruangan penjaga, bagian atasnya tidak memiliki dinding, hanya memiliki dinding pada bagian bawah.

Merupakan ruangan lepas, seperti tempat-tempat penjagaan, berarti ditutupnya seluruh ruangan ini, yang sekarang digunakan sebagai ruangan tamu merupakan penambahan baru. Hal ini terlihat dari gaya bangunan pada pembatas penambahan bangunan baru yang terlihat kalau, penambahan dinding ini adalah ditambah belakangan, atau tidak semasa rumah ini di buat. Tapikapan dilakukan penambahan, juga tldak diketahui secara jelas, tapi dilihat dari bangunan pintu, serta bahan bangunan, serta gaya hiasan, penambahan ini telah dilakukan dalam kurun waktu yang cukup lama.

Hal ini juga diperkuat dengan adanya beberapa kamar-kamar yang berukuran cukup kecil-kecil pada bagian belakang bangunan, kamar ini berjumlah 4 buah. Dilihat dari ukuran kamar dan bentuk pengamanan pada pintu kamar ini, bukan kamar yang disediakan bagi karyawan, karena dilihat dari kunci serta engsel pada pintu kamar memiliki pengamanan yang cukup kuat, jadi kamar-kamar ini ada kemungkinan adalah tempat penahan sementara, ada kemungklinan menunggu masa penis pengadilan, atau masa menjalani masa pemeriksaan, tapi ini hanya baru sebatas dugaan, mungkin kedepanya prediksi ini bisa mengalami perubahan sejauh perkembangan data dltemukan.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/2017/09/11/rumah-dinas-kapolsek-tebing-tinggi-kepulauan-meranti/
Comments
Loading...