Rumah Dinas Gubernur Padang

0 45

Rumah Dinas Gubernur

Rumah Dinas Gubernur dari catatan sejarahnya merupakan rumah dinas/rumah tinggal Residen (Pejabat Belanda) pada masa penjajahan Belanda di Kota Padang. Bangunan ini dibangun sekitar awal tahun 1880-an. Sejak bangunan ini didirikan hingga kini belum ada perubahan terhadap bangunan aslinya.

Rumah Dinas Gubernur Sumatera Barat ini awalnya merupakan bangunan yang diperntukan untuk rumah dinas/rumah tinggal Residen (Pejabat Belanda) pada masa Kolonial Belanda. Bangunan ini dibangun sekitar awal tahun 1880-an. Bangunan ini berdenah persegi panjang dengan ukuran 57m x 22.5 m. Bangunan dibangunan dengan gaya arsitektur campuran Tradisional (Pesisir) dan arsitektur Belanda.

Campuran gaya bangunan ini merefleksikan pendekatan kultur/budaya Belanda dalam membuat bangunan di Hindia Belanda pada masa lalu. Pada bagian depan, terdapat 4 buah tiang yang masih asli. Serambi rumah ini mirip dengan serambi pada rumah adat yang ada di Padang. Bangunan ini terdiri dari 6 buah ruangan di bagian tengah dan satu ruangan di bagian belakang. Atap bangunan berbahan seng dengan bentuk atap lima atau mirip dengan bentuk atap Rumah Adat Padang “Tungkuih Nasi”. Pada bagian belakang bangunan mengalami penambahan yang berupa ruangan makan dan dapur.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kota-Padang.pdf
Comments
Loading...