Rumah Datuk Pesisir Siak

0 12

Rumah Datuk Pesisir

Rumah ini merupakan rumah tinggal dari Datuk Pesisir, yakni salah satu penasihat Raja di Kerajaan Siak. Rumah ini sekarang tidak dihuni lagi dan hanya dipakai sebagai tempat meletakkan peralatan tenun tradisional. Oleh anak dari Datuk Pesisir pengelolaan perawatannya diserahkan kepada Pemkab Siak. Rumah Datuk Pesisir merupakan rumah kayu yang berbentuk panggung dengan ditopang oleh 42 buah pondasi penopang dari bata plesteran. Atap rumah terbuat dari seng sedangkan komponen lainnya seperti dinding, lantai, dan plafon dari kayu. Rumah ini terbagi menjadi dua bagian yaitu bagian depan yang berfungsi sebagai ruang tamu dan ruang keluarga serta bagian belakang yang berfungsi sebagai dapur dan ruang makan.

Interior bangunannya tidak memiliki ruang-ruang kamar yang dilengkapi oleh 10 buah pintu dan 26 buah jendela. Bangunan rumah ini terletak di sebelah barat Sungai Siak menghadap ke arah utara. Di bagian luar sisi kiri bangunannya terdapat bak penampungan air. Bangunannya dibatasi dengan pagar besi pada bagian depannya dan pagar tembok pada sisi lainnya. Kondisi rumah kurang terawat dan sebagian atapnya sudah bocor, terutama pada bagian tengah yang membagi antara bangunan depan dan bangunan belakang yang mengakibatkan proses pelapukan komponen kayunya menjadi lebih cepat. Selain itu lima buah penopang bangunan sudah dalam kondisi miring.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Siak-BPCB.pdf
Comments
Loading...