Rumah Bos Pabrik Gula Zaman Belanda

0 110

Rumah Bos Pabrik Gula Zaman Belanda

Rumah besar bergaya kolonial Belanda yang terletak di Jalan Raya Jatibarang, Kabupaten Brebes ini terlihat sangat mencolok dibanding bangunan lain di sekitarnya. Rumah dengan pilar-pilar besar dan daun pintu tinggi tersebut terletak di tengah tanah lapang.

Letaknya persis tak jauh dari Pabrik Gula (PG) Jatibarang, salah satu pabrik gula besar tertua peninggalan Belanda. Warga setempat lebih mengenalnya sebagai Mbesaran, atau rumah besar. Rumah bercat dominan putih ini dulunya merupakan rumah Administratur atau orang nomor satu di pabrik gula era Hindia Belanda.

Pepohonan rindang, serta taman rerumputan yang luas di depan beranda rumah membuat rumah tersebut terbilang sangat elit di zamannya. Saat ini, rumah Mbesaran sudah beralih fungsi menjadi museum dan taman agrowisata yang dikelola PTPN IX. Besarnya bangunan hampir sama dengan bangunan-bangunan Belanda yang di sejumlah daerah dijadikan rumah kepala daerah.

Source https://finance.detik.com https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-3543572/foto-mengintip-rumah-bos-pabrik-gula-zaman-belanda
Comments
Loading...