Rumah Bolon Pematang Purba

0 12

Rumah Bolon Pematang Purba

Disebuah kecamatan Purba tepatnya desa Pematang Purba Kabupaten Simalungun terdapat sebuah bangunan bersejarah yaitu Rumah Bolon. Rumah Bolon Pematang Purba merupakan salah satu bangunan peninggalan bersejarah yang ada di Sumatera Utara. Peninggalan ini berupa suatu rumah adat turunan dari nenek moyang dan leluhur terdahulu.

Dulunya, bangunnya ini merupakan suatu istana yang dihuni oleh seorang raja. Pada tahun 1515, raja tersebut memerintah dan mengambil kuasa daerah tersebut

Rumah Bolon Pematang Purba merupakan rumah adat peninggalan Batak Simalungun yang berlokasi di Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Letak dari rumah adat ini sangat dekat dengan Desa Pematang Purba. Kamu hanya perlu menempuh jarak 200 meter dari desa ke Rumah Bolon tersebut.

Rumah Bolon dulunya dibangun sebagai istana dan tempat tinggal bagi raja, ratu, dan anak-anaknya. Dalam pembangunannya, rumah ini tidak menggunakan paku. Namun meskipun sekarang sudah berusia ratusan tahun, bangunan istana tersebut tidak rusak. Dan walaupun dengan atap ijuk anyaman, tapi rumah adat atau istana ini masih tetap kokoh berdiri.

Awal berdirinya kerajaan ini dikisahkan Raja Parultop-ultop pergi berburu, kemudian ia melihat seekor burungyang indah dan ia pun berusaha mendapatkan nya. Namun usaha berburunya menangkap burung yang indah itu gagal.

Tanpa disadari ia pun meninggalkan kamppung halamanya dan sampailah di sebuah tempat saat ini yang diberinama Pematang Purba. Kemudian Raja Prultop-ultop mendirikan Rumah Bolon ini yang menjadi istana kerajaan purba dan ia pun menjadi raja pertama di kerajaan ini.

Tahukah kamu, bahwa di dalam sudut bangunan Rumah Bolon ini terdapat beberapa tanduk kerbau. Banyaknya tanduk kerbau dalam rumah tersebut tergantung dengan jumlah raja yang memimpin saat itu. Tanduk-tanduk tersebut merupakan tanduk kerbau yang digunakan pada saat upacara adat Simalungun.

Yang paling menarik di sebuah Rumah Bolon ialah setiap ruang dalam istana ini memiliki nama yang berbeda-beda. Penasaran dengan apa nama pada setiap ruangan tersebut? Berikut ialah nama-nama ruang di Rumah Bolon, sebagai berikut:

  1. Jabu Jungga ialah suatu ruang yang digunakan untuk seorang panglima kerajaan.
  2. Lopou ialah sebuah kamar yang digunakan raja untuk menerima tamu.
  3. Rumah Bayu ialah sebuah ruangan untuk para tamu raja.
  4. Losung Bolon merupakan suatu tempat untuk menumbuk padi.
  5. Pattangan ialah sebuah ruang untuk tempat istirahat putri.
  6. Jambur merupakan sebuah kandang kuda kerajaan.
  7. Balei Buttu ialah ruang untuk para pengawal kerajaan.

Rumah Bolon Pematang Purba merupakan bangunan bersejarah yang sangat unik. Di samping bangunannya yang kokoh alami, ada banyak pula ruangan dengan fungsi yang berbeda-beda. Rumah Bolon ini bisa kamu jadikan sebagai salah satu destinasimu saat liburan tiba. Di dekat Rumah Bolon ini juga terdapat tempat wisata lainya yaitu Haranggaol.

Source https://tourtoba.com https://tourtoba.com/rumah-bolon-pematang-purba/
Comments
Loading...