Rumah Betang Sei Pasah

0 116

Rumah Betang Sei Pasah

Sama seperti namanya Rumah Betang ini letaknya berada di Desa Sei Pasah, Kapuas Hilir, Kapuas, Kalimantan Tengah. Kalau anda menyempatkan untuk melihat rumah ini maka letaknya tepat di tepi Sungai Kapuas Murung, hanya kisaran 200 meter saja. Sebetulnya ini bisa dibilang merupakan rumah yang lama yang telah dibangun atau dipugar kembali. Sebab rumah yang sebelumnya sudah berada terlebih dahulu hanya menyisakan tiang.

Rumah Betang ini awalnya milik dari Talining E Toepak. Sayangnya dalam pembangunan rumah ini mengalami keterbatasan bahan baku berupa kayu ulin (kayu besi). Akan tetapi dengan segala hal tadi akhirnya rumah ini berhasil berdiri dan suasana yang diberikan dari rumah ini bisa dibilang sangatlah modern. Namun, anda masih bisa merasakan suasana Suku Dayak kala tinggal di rumah betang. Di belakang rumah juga terdapat kuburan atau sanding.

Sanding merupakan kepercayaan dari agama Kaharingan, di mana tulang dikumpulkan dan ditaruh di sadung. Terdapat pula patung penjaga yang seperti sebuah ucapan selamat datang. Kini Rumah Betang Sei Pasah telah dijadikan sebagai sebuah museum, tempat menyimpan berbagai benda adat dan bersejarah dari suku asli Kalimantan (dayak).

Source https://www.silontong.com https://www.silontong.com/2018/08/14/rumah-adat-kalimantan-tengah/#
Comments
Loading...