Rumah Betang Panjang Saham, Rumah Panjang Berusia 143 Tahun

0 52

Rumah Betang Panjang Saham, Rumah Panjang Berusia 143 Tahun

Rumah merupakan bangunan yang digunakan manusia sebagai tempat tinggal dan tempat berlindung. Rumah juga merupakan tempat bagi keluarga untuk berkumpul dan bercengkrama. Kini banyak ditemui rumah dengan berbagai bentuk. Akan tetapi, ada satu bentuk rumah yang hanya dapat ditemui di Kalimantan. Rumah dengan bentuk yang tinggi dan memanjang. Rumah Betang namanya.

Bagi masyarakat Dayak Kanayatn di Kalimantan Barat, rumah panjang disebut dengan radakng. Rumah panjang ini masih dapat ditemui di beberapa tempat di Kalimantan Barat. Salah satunya berada di Desa Saham, Kecamatan Sengah Temila, Kabupaten Landak. Radakng ini dikenal juga dengan Rumah Betang Panjang Saham. Sesuai dengan nama desa tempat rumah ini berada.

Rumah Betang Panjang Saham didirikan di atas tiang kayu ulin. Deretan tiang-tiang itu berbeda tinggi. Ada tiang dengan tinggi 2 meter, ada juga yang mencapai 4 meter, sehingga berbentuk seperti rumah panggung. Perbedaan tinggi tiang kayu disebabkan perbedaan kontur tanah. Oleh karena tanah di sekitarnya merupakan lereng Bukit Samahukng.

Rumah Betang Panjang Saham kali pertama dibangun pada 1875. Saat itu hanya memiliki satu bilik. Seiring berjalannya waktu dan bertambahnya jumlah anggota keluarga, jumlah bilik terus bertambah menjadi 33 bilik. Bilik-bilik itu dibangun di samping kiri dan kanan bilik pertama. Masing-masing bilik mempunyai luas yang berbeda. Tergantung dengan kemampuan pemiliknya. Bilik terakhir dibangun pada 1993.

Rumah ini masih berfungsi sebagai tempat tinggal masyarakat Dayak Kanayatn. Menurut Poltak Johannsen (2009), masyarakat Dayak Kanayatn hidup secara komunal di rumah ini. Agar setiap warga masyarakat mudah mengenal satu sama lain lebih dekat dan terbuka. Hingga saat ini pun masyarakat yang menghuni rumah ini masih memiliki hubungan kerabat.

Radakng ini mempunyai panjang 180,5 meter dan lebar 16,2 meter. Selain memiliki 33 bilik, terdapat 35 pintu dan 35 tangga dengan tinggi yang berbeda. Pada masa lalu hanya terdapat satu tangga. Tangga itu dapat ditarik ke atas untuk menghindari hewan buas dan serangan musuh. Secara umum, Rumah Betang Panjang Saham terdiri atas lima bagian. Tangga, teras (pante), serambi (sami), ruang inti (bilik), dan dapur (jungkar).

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/ditpcbm/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/ditpcbm/rumah-betang-panjang-saham-rumah-panjang-berusia-143-tahun/
Comments
Loading...