Rumah Belanda Desa Lintidu Sulawesi Tengah

0 142

Rumah Belanda Desa Lintidu Sulawesi Tengah

Rumah Belanda yang terdapat di Desa Lintidu, Kecamatan Paleleh. Bangunan ini merupakan rumah salah seorang Controlieur yang bernama dr. H. Sieber yang ditempatkan oleh Pemerintah Hindia Belanda di Buol pada tahun 1986. Setahun  kemudian rumah ini dibangun pada tahun 1897. Rumah ini berfungsi sebagai tempat tinggal controlieur  dan sebagai kantor untuk mengawasi para pekerja tambang emas yang ada di Desa Lintidu saat itu.

Arsitektur rumah ini bergaya Eropa dengan kontruksi rangka besi/baja hampir di seluruh bagian bangunan rumah. Bangunannya berbentuk rumah panggung dengan umpak yang berjumlah 59 buah dengan tinggi umpak 1,7 m dan leber 68 cm. Terdapat 7 ruangan dalam bangunan rumah dengan luas keseluruhan bangunan 288 m². Kondisi rumah nampak tidak terawat, dan terlihat rimbunan tumbuhan dan pohon yang hampir menutupi seluruh bagian rumah, sehingga lambat laun akan menimbulkan kerusakan bahkan ancaman kemusnahan.

Latar sejarah rumah saat ini masih ditelusuri lebih dalam, untuk memperoleh kriteria cagar budaya yang nantinya dapat diusulkan sebagai cagar budaya dengan memiliki kekuatan hukum tetap. Hasil kriteria cagar budaya pun dapat menjadi rekomendasi bagi Pemerintah Kabupaten Buol untuk melestarikan bangunan tersebut agar tidak dihancurkan oleh pemilik lahan.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbgorontalo/pendataan-potensi-cagar-budaya-kabupaten-buol-sulawesi-tengah/
Comments
Loading...