Rumah Belanda dari Abad 19 di Gorontalo

0 86

Rumah Belanda dari Abad 19 di Gorontalo

Gorontalo atau yang bahasa ibunya itu disebut Hulandalo memiliki aset-aset peninggalan kuno jaman kolonial Hindia Belanda. Satu di antaranya ialah rumah yang berada bilangan di Jalan Naniwartabone Kota Gorontalo.

Kondisi rumah tersebut kini telah berfungsi sebagai kantor Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Gorontalo. Masih berdiri kokoh, aman dan layak untuk dihuni.

Ditemui, Pokja Dokumentasi, Registrasi dan Penetapan Balai Pelestarian Cagar Budaya Gorontalo, Romi Hidayat, menuturkan, bangunan rumahnya diperkirakan didirikan pada abad ke 19. Rumah tersebut sudah ada pada jaman pemerintahan kolonial belanda.

Melihat dari gaya asitekturnya, rumah tersebut mengadopsi eropa negara Belanda. Pada bagian depan rumah ada bentuk silinder dengan atap model seperti kerucut. Namun berdasarkan pengakuan dari beberapa warga setempat yang telah lama tinggal menetap di daerah tersebut, fungsi rumah sebagai tempat pertemuan.

“Katanya sih buat tempat pertemuan. Tapi tidak tahu persis dulu itu untuk apa, rumah tinggal atau bangunan pemerintahan,” ujarnya.

Untuk saat ini, Balai Pelestarian Cagar Budaya Gorontalo telah menetapkan rumah tersebut dalam data base dengan nomor registrasi Cagar Budaya, no BP3.GTLO/75/71.05/0039.

Source http://manado.tribunnews.com http://manado.tribunnews.com/2012/10/30/ini-rumah-belanda-dari-abad-19-di-gorontalo
Comments
Loading...