Rumah Bekas Kepala Stasiun

0 77

Rumah Bekas Kepala Stasiun

Rumah ini berada di Jalan M. Syafei No. 4, Kelurahan Bukit Cangang Kayu Ramang, Kecamatan Guguak Panjang. Riwayat bangunan ini tidak diketahui dengan pasti, namun Bangunan ini pernah difungsikan sebagai penginapan (Hotel Neo Dharma) sesuai dengan inskripsi yang terdapat di bagian gable.

Sesudah dijadikan sebagai Hotel Neo Dharma, bangunan ini dijadikan sebagai Rumah Dinas Kepala Stasiun Kereta Api Bukittinggi. Pasca penutupan jalur kereta Api Padang Panjang-Bukittinggi, bangunan ini ditempati oleh Keluarga Ali Amran. Sejak tahun 2000-an bangunan ini digunakan sebagai mess bagi karyawan sebuah perusahaan perdagangan.

Bangunan ini memiliki 288 meter². Pada bangunan ini gaya khas bangunan kolonial di-perlihatkan pada ba-gian dinding-dinding-nya yang dihiasi dengan bentuk-bentuk lengkung di atas jen-dela dan pintu masuk. Atapnya berupa atap genteng tanah dengan penyangga dari kayu balok berukuran besar. Kondisi rumah kurang terawat, kerusakan pada bagian dalam bangunan utama dan bagian belakang (dapur).

Source http://bukittinggiheritage.blogspot.com http://bukittinggiheritage.blogspot.com/2017/09/9-rumah-kepala-stasiun.html
Comments
Loading...